Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Paguron Pencak Silat PUSAKA MEDAL LAKSANA Desa Cipeundeuy

Paguron Pencak Silat PUSAKA MEDAL LAKSANA Desa Cipeundeuy

Bojong, Cipeundeuy.desa.id - Pencak silat merupakan kesenian yang berasal dari daerah Jawa Barat, yang kini sudah menjadi kesenian Nasional. Dari yang muda sampai tua, pencak silat ini diminati di beberapa daerah di Jawa Barat. Pada awalnya pencak Silat ini merupakan tarian yang menggunakan gerakan tertentu, gerakannya mirip dengan gerakan bela diri. Pada umumnya pencak silat ini dibawakan oleh dua orang atau lebih, dengan memakai pakaian yang serba hitam, menggunakan ikat pinggang dari bahan kain yang diikatkan dipinggang, serta memakai ikat kepala dari bahan kain yang orang sunda menyebutnya Iket. Pada umumnya kesenian pencak silat ini ditampilkan dengan diiringi oleh musik yang disebut gendang penca, yaitu musik pengiring yang alat musiknya menggunakan gendang dan terompet

Dari sekian banyak Padepokan/Paguron Kesenian Pencak Silat di Provinsi Jawa Barat, Desa Cipeundeuy juga mempunyai Paguron Pencak Silat tersendiri Paguron Pencak Silat "PUSAKA MEDAL LAKSANA" Didirikan pada era Kepemimpinan Kepala Desa Bpk S. Sunarya pada tahun 2004 Bertempat di Kp. Santiong RT 005 RW 003 Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Abah Warta salah seorang Penanggung jawab Paguron Pusaka Medal Laksana Mengatakan "Kanggotaan Pencak Silat ini 80% pesertanya anak anak Remaja Sekolah dari SD sampai SMA, di setiap akhir pekannya selalu mengadakan latihan atau di hari hari tertentu juga di adakan latih tanding dengan desa desa lain di kecamtan bojong, dan untuk kegiatan rutin lainnya selalu menjadi salah satu peserta Unggulan untuk perayaan agustusan di Kecamatan Bojong" Jelasnya.

Kang Pendi Hidayat yang saat ini menjadi Instruktur Pencak Silat Pusaka Medal Laksana yang juga beliau adalah Anggota Linmas/Badega Lembur Desa Cipeundeuy saat ditemui di sela-sela latihan menyampaikan "alhamdulilah sampai sekarang Paguron ini masih terus eksis meskipun mengalami kendala-kendala seperti alat alat seni musiknya selalu mengalami kerusakan dan kendala kendala lainya, tetapi tidak menyurut kan semangat kami untuk terus menjaga Budaya Sunda ini karena memang kegiatan ini kegiatan positif untuk anak anak remaja di desa cipeundeuy, selain bisa mengembangkan bakat bakat seni untuk anak anak desa cipeundeuy juag kegiatan ini bisa menjadi wadah anak anak remaja agar terhindar dari aktifitas negatif di era seperti sekarang ini ". Lanjut Pendi Hidayat Menjelaskan " Paguron Pusaka Medal Laksana sudah lumayan terkenal di kecamatan bojong buktinya selalu ada panggilan untuk mengisi acara hajatan dan acara besar lainya anggotanya juga untuk sekarang ini tidak hanya dari penduduk Desa Cipeundeuy saja terhitung ada 4 desa di kecamtan bojong yang menginduk ke Paguron Pusaka Medal Laksana" Pungkasnya. Sabtu (27/02/2021). 


Jaka Nuryana

Komentar

Pendi hidayat
Sabtu, 27 Februari 2021 15:59

Cipeundeuy the best Mugi Cipeundeuy jaya di buana????????????????

Pemdes cipeundeuy
Sabtu, 27 Februari 2021 16:11

Amin .. Hatur Nuhun

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *