Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

PEMDES CIPEUNDEUY MENGGELAR LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (LPPD) TAHUN 2020

PEMDES CIPEUNDEUY MENGGELAR LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (LPPD) TAHUN 2020

Bojong, cipeundeuy.desa.id - Sesuai Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, LPPD wajib dilaporkan oleh Kepala Desa kepada Bupati  melalui Camat, sementara LKPPD disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kepala Desa Cipeundeuy Bpk Kosasih dalam pidatonya menyampaikan "Laporan ini wajib disampaikan Kepala Desa kepada BPD, bukan saja sebagai bentuk implementasi prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan di desa. Namun juga melalui dokumen LPPD disertai lampirannya adalah refleksi dari bobot pencapaian kegiatan Pemerintahan Desa Cipeundeuy selama 1 (satu) tahun anggaran", Lanjut Kepala Desa yang berpidato selama kurang lebih 25 menit ini dihadapan para tamu undangan yang hadir menyampaikan Spirit membangun Desa Cipeundeuy Selangkah Lebih Maju dan mengajak semua warga baik para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain-lain untuk turut ikut serta bahu membahu dalam membangun Desa Cipeundeuy lebih baik lagi, Jelasnya". 

Dalam Kesempatan ini para tokoh yang hadir turut serta menyampaikan apresiasi dan harapan-harapan kepada Pemerintahan Desa Cipeundeuy salah satunya Pendamping Desa Bpk Abdul Hakim S.Pd yang ikut hadir dalam LPPD ini menyampaikan tanggapannya "dalam konteks penyusunan LPPD dan LKPPD akhir tahun anggaran 2020 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Artinya format penyusunannya sesuai dengan Permendagri 46 Tahun 2016 tersebut yang berbeda hanya pencapain-pencapaiannya saja antara tahun ini dan tahun sebelumnya dikarenakan di TA 2020 terjadi Pandemi Covid-19 Dana Desa 80% di habiskan untuk BLT Dana Desa 20% lainnya untuk pembangunan. dan ada satu lagi, yakni ILPPD atau informasi laporan penyelenggaraan pemerintahan di desa, Kepala Desa juga wajib menginformasikannya kepada masyarakat di desa. baik melalui media cetak atau media sosial yang ada di desa. Beliau juga mengharapkan Desa Cipeundeuy untuk tahun 2021 harus menjadi Desa Maju", tuturnya".

Penyerahan Dokumen LPPD kepada BPD

Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) H.Duduy Abdurrahman yang memimpin Rapat / Sidang LPPD seusai acara resmi mengesahkan LPPD TA 2020 dan memberikan sedikit Evaluasi Kepada Pemerintahan Desa Cipeundeuy "Dokumen LPPD Kepala Desa untuk tahun 2020 maupun LKPPD Kepala Desa untuk tahun 2020 adalah laporan pertanggungjawaban kepala desa yang wajib dan rutin mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah ditetapkan dalam RKP Desa tahun 2020 dan APBDes tahun 2020. Apa kegiatan yang sudah dikerjakan/direalisasikan di tahun 2020 dan Apa saja kegiatan yang belum dikerjakan/direalisasikan di tahun 2020. Berapa anggaran kegiatan dan berapa realisasi anggaran kegiatan yang dicapai dari 1 Januari 2021 sampai dengan 31 Desember 2020. Semuanya harus disusun dan dilaporkan melalui dokumen LPPD dan LKPPD Kepala Desa Akhir Tahun 2020". Turupnya. Senin (22/02/2021). 

Nuryana Jaka

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *