Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Kegiatan Rutin di Desa Cipeundeuy. "Jumat Bersih" Cerminkan Masyarakat Cinta Lingkungan.

Kegiatan Rutin di Desa Cipeundeuy.

Cipeundeuy- Gotong-royong adalah nilai budaya yang sangat dijunjung tinggi di Indonesia terutama di tingkat desa. Ini mencerminkan semangat kerja sama dan kepedulian masyarakat desa terhadap kepentingan bersama. Salah satu contoh kegiatan rutin yang ada di Desa Cipeundeuy adalah kegiatan "Jumat Bersih" kegiatan ini tidak hanya berarti bekerja bersama-sama fisik, tetapi juga melibatkan aspek sosial, ekonomi, dan budaya yang erat terkait. Jumat bersih ini merupakan contoh tindakan gotong-royong yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cipeundeuy dengan kesadaran untuk mencapai kepentingan bersama tanpa mengharapkan imbalan materi. Ini mencerminkan semangat berbagi, kerja sama, dan solidaritas di antara individu dalam masyarakat Desa Cipeundeuy. Meskipun masyarakat Indonesia semakin modern, nilai gotong-royong tetap penting. Ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti membersihkan lingkungan, membantu tetangga yang membutuhkan, atau berkontribusi dalam program sosial dan kemanusiaan.

Kegiatan Jumat bersih yang ada di desa Cipeundeuy mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat setempat. Sekitar pukul 05.30 WIB para warga sekitar berbondong-bondong membawa alat kebersihan mereka masing-masing, dengan cepat para warga mulai membersihakan area lingkungan yang ada di wilayah RT mereka masing-masing. Sambil bercanda gurau para warga mulai bergerak menyingkirkan sampah dan kotoran yang mengganggu lingkungan. Kegiatan Jumat bersih ini juga menjadi wadah bagi masyarakat Desa Cipeundeuy untuk meningkatkan tali silaturahmi antarmasyarakat, hal ini tentunya menjadi bagian penting dalam kehidupan di pedesaan, ditengah kesibukan masing-masing di Jumat Pagi para warga masih dapat menyempatkan diri untuk berkomunikasi satu dengan yang lain.

Dalam rangka menjaga nilai gotong-royong dan memastikan kebersihan lingkungan, penting bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat di seluruh dunia untuk terus mendukung dan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu membangun masyarakat yang lebih sehat, lebih berkelanjutan, dan lebih harmonis.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *